Mau Rambut Halus Berkilau? 9 Makanan Bergizi Ini Bisa Membantu

Oats
Oats sangat baik untuk kesehatan rambut. Campurkan oats dengan potongan buah-buahan dan sajikan bersama dengan susu untuk menambah nilai gizinya (Foto: Unsplash/Brooke Lark)

Rambut indah adalah dambaan setiap orang. Banyak orang rela merogoh kocek demi perawatan salon dan membeli beragam produk perawatan. Semua hal ini memang penting, tapi jangan lupa merawat rambut dari dalam ya.

Rambut dan kulit kepala perlu nutrisi dari dalam agar tetap sehat.

Ada banyak makanan yang bisa membantu jaga kesehatan dan kekuatan rambut.

Tak usah rogoh kocek lagi, makanan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasar atau swalayan terdekat.

1. Ikan Salmon

Ikan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Salmon mengandung asam lemak omega 3 dan zat besi.

Sejak dulu, banyak orang percaya bahwa mengonsumsi ikan salmon bisa meningkatkan IQ. Selain itu, ikan ini juga baik untuk kesehatan rambut.

Asam lemak omega 3 membantu produksi minyak alami yang dibutuhkan kulit kepala. Selain itu, senyawa ini juga menumbuhkan rambut baru dan membuatnya tebal berkilau.

Di sisi lain, kandungan vitamin D untuk menguatkan akar rambut supaya nggak mudah patah.

2. Tiram

Produk seafood satu ini memiliki kandungan zinc (seng). Senyawa ini dapat mencegah kerontokan parah.

Tiram juga tinggi protein sehingga meminimalisir rambut kering dan rapuh.

BACA JUGA: Keunikan Ikan Bakar Manokwari yang Sederhana

3. Telur

Sebagian orang Indonesia menyantap telur sebagai konsumsi harian.

Kabar baiknya, telur mengandung protein, mineral, vitamin B 12, biotin, dan zat besi. Lengkap banget ya?

Zat besi membantu peredaran oksigen agar rambut tetap sehat dan kuat. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan kerontokan.

Vitamin B12 memperlambat tumbuhnya uban rambut. Kandungan biotinnya baik untuk pertumbuhan dan ketebalan rambut.

4. Susu Rendah Lemak (Low Fat)

Susu rendah lemak tak hanya untuk diet, tapi juga merawat kesehatan rambut. Susu dan olahannya, yakni keju dan yoghurt, memiliki kandungan protein, mineral, dan kalsium.

Tiga zat penting ini mampu menjaga rambut agar tetap lembut serta mencegah kerontokan.

BACA JUGA: Yuk, Coba 4 Merek Jamu Gaul Racikan Para Milenial Ini!

5. Wortel

Wortel terkenal baik untuk kesehatan mata. Namun, sayur jingga ini juga baik untuk kesehatan dan kesuburan rambut.

Kandungan vitamin A-nya membantu pembentukan sebum (minyak). Sebum berfungsi untuk menjaga kulit kepala agar tetap lembab dan sehat.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, sawi, dan kangkung turut menjaga kesehatan rambut. Nutrisi dan vitamin di dalamnya mampu menjaga kulit kepala agar tidak kering dan rusak.

Sayuran hijau juga mengandung kalsium dan zat besi. Dua zat ini berperan penting dalam menguatkan akar rambut.

BACA JUGA: Jangan Takut! Berikut Panduan Praktis Jadi Vegetarian

7. Oats

Oats mengandung seng, magnesium, kalium, dan biotin. Zat-zat ini menjaga kesehatan rambut sehingga kuat dan nggak mudah patah.

Konsumsi oats bersama susu dan potongan buah agar kandungan gizinya semakin lengkap.

Tak hanya untuk sarapan, oats juga bisa dibuat cookies dan smoothie bowl.

8. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten dan antioksidan yang kemudian dikonversi menjadi vitamin A.

Vitamin A sangat dibutuhkan kulit kepala dan rambut untuk menjaga kesehatan, menghilangkan gatal serta ketombe.

Kandungan ini juga mempertahankan kelembaban kulit kepala, serta mencegah rambut kering dan kusam.

BACA JUGA: Resep Bola-Bola Ubi Kopong Anti Gagal, Sudah Coba?

9. Kelapa

Selain mengobati panas dalam, kandungan kalium dalam air kelapa dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen di kulit kepala.

Selain airnya, minyak kelapa (coconut oil) juga baik untuk kesehatan rambut. Minyak kelapa mengandung lemak sehat, vitamin E dan K, serta mineral. Kandungan ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan memperlancar pertumbuhan rambut.

Selain jadi bahan masakan, kamu bisa langsung mengaplikasikannya ke rambut sebelum keramas. Tunggu 30-60 menit dan bilas hingga bersih.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up