Wajib Baca! 9 Makanan Ini Jaga Kesehatan Perempuan

Makanan sehat
Perempuan perlu memperhatikan asupan makanannya (Foto: Pixabay/rawpixel)

Faktanya, tubuh laki-laki dan perempuan itu berbeda. Oleh karena itu, kebutuhan gizinya pun harus disesuaikan.

Perempuan mengalami fase menstruasi, hamil, dan melahirkan. Alhasil membutuhkan lebih banyak kalsium, zat besi, asam lemak, dan omega 3.

Kira-kira makanan apa saja yang penting dan wajib dikonsumsi perempuan?

1. Yoghurt

Yoghurt rendah lemak atau “greek yoghurt” memiliki kandungan bakteri baik. Kandungan ini mengurangi risiko masalah pencernaan seperti radang saluran pencernaan dan iritasi usus.

Kudapan lembut ini juga mengandung kalsium dan protein tinggi untuk mencegah osteoporosis dan memelihara kesehatan tulang. Kandungan probiotik di dalamnya dapat mengurangi risiko kanker payudara

2. Berry

Ada beragam buah berry seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan cranberry.  Buah imut ini mengandung zat antikanker untuk mencegah kanker payudara dan rahim.

Buah berry juga mengandung asam folat yang baik untuk kesuburan.

Kandungan vitamin C-nya berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini dapat menangkal radikal bebas dan memelihara kesehatan jantung serta kulit.

Baca juga: Traveling Ke Bali? Kunjungi 4 Kedai Es Krim yang Hits Ini

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, asam folat, serat, mineral, dan antioksidan.

Almond mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan. Kacang merah meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

Edamame dapat menjaga kadar estrogen dan mengendalikan gejala menopause bagi perempuan paruh baya.

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini kaya akan vitamin E, vitamin B6, vitamin K, asam folat, dan protein.

Asam lemak yang terkandung dalam alpukat menurunkan risiko penyakit jantung dan masalah kesuburan.

Baca juga: Ragam Es Campur yang Segarnya Bikin Ketagihan

5. Cokelat

Mood swings menjelang menstruasi adalah hal normal bagi perempuan. Masa PMS memang mempengaruhi aktivitas dan tak jarang bikin mood berantakan.

Cokelat memiliki kandungan theobromin tinggi. Theobromin mengurangi produksi hormon kortisol penyebab stress dan membuat tubuh lebih rileks. Makan cokelat saat PMS dapat menenangkan sekaligus buat mood naik lagi.

Cokelat juga mengandung flavonol yang mampu menambah konsentrasi dan bermanfaat bagi kesehatan otak.

6. Gandum

Biji gandum utuh dapat memulihkan kesehatan perempuan setelah melahirkan. Kandungan dalam biji gandum juga meringankan gejala PMS.

Gandum mengandung vitamin B6 dan asam folat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Nikmati Roti Bluder Jadul yang Lembut dan Empuk

7. Tomat

Tomat kaya akan lycopene dan antioksidan yang mencegah kanker payudara dan kanker serviks.

Kandungan vitamin A dan C sangat baik untuk kulit. Tomat dipercaya mengatasi masalah jerawat, komedo, dan minyak berlebih pada wajah. Konsumsi tomat secara rutin juga membuat kulit wajah lebih cerah.

8. Bayam

Bayam kaya kandungan zat besi yang baik untuk daya tahan tubuh. Bayam juga mengandung flavonoid yang bantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Vitamin A, C, K, serta mineral ikut menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Kalsium dan magnesium dalam sayur yang juicy tersebut juga mengurangi pengapuran tulang dan penuaan dini.

Asam folat dan vitamin B penting untuk ibu hamil karena mengurangi risiko cacat lahir.

Baca juga: 6 Jajanan Street Food Khas Bali Ini Bikin Kenyang & Kangen

9. Brokoli

Sayur yang satu ini kaya kandungan antioksidan, beta karoten, vitamin C, dan mineral lain.

Kandungan tersebut memiliki banyak manfaat. Di antaranya mengendalikan jumlah estrogen, mencegah kanker payudara, menjaga elastisitas kulit, membantu produksi sel-sel kulit baru, dan kulit terlihat lebih muda.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up