Lagi Stres? Hilangkan dengan 6 Makanan Lezat InI!

Pie blueberry
Pie blueberry. Blueberry merupakan salah satu makanan pereda stress yang kaya akan vitamin (Foto: Unsplash/Erol Ahmed)

Sering melampiaskan stres dengan banyak makan? Wah, kamu perlu hati-hati nih.

Dalam keadaan stres, kita sering lupa mana yang baik atau tidak bagi tubuh. Kadang kita menyantap makanan-makanan asin, manis, atau berlemak agar mood kembali naik.

Padahal, terlalu banyak konsumsinya justru menganggu kesehatan.

Daripada asal makan, pilih jenis makanan yang bisa meredakan stres sekaligus memberi manfaat bagi kesehatan. Bukan mustahil dan rahasia, berikut daftarnya!

1. Cokelat (Dark Chocolate)

Siapa yang nggak suka cokelat? Bukan rahasia kalau olahan kakao ini bisa bikin bahagia.

Dark chocolate adalah jenis cokelat dengan kadar kakao lebih tinggi. Cokelat ini punya senyawa theobromine dan pherrylethyamine untuk meningkatkan mood.

Senyawa serotonin dalam otak juga ikut meningkat, sehingga memunculkan rasa bahagia setelah menyantapnya.

Dark chocolate juga mengandung dua antioksidan penting, yakni polifenol dan flavonol, yang sangat baik untuk kesehatan.

BACA JUGA: Cokelat Indonesia Paling Top se-Dunia? Ini Buktinya!

2. Pisang

Zaman sekarang, banyak olahan pisang yang kekinian. Sebutlah pisang nugget, pisang goreng pasir, hingga banana smoothies.

Pisang adalah buah manis yang bisa menaikkan mood. Kandungan vitamin A, B, dan C dapat menenangkan sistem syaraf.

Pisang juga mengandung potassium untuk meredakan stres. Selain itu, ada senyawa tryptophan yang dikonversi menjadi serotonin untuk memberi rasa rileks dan bahagia.

BACA JUGA: Resep Pisang Nugget Kekinian, Dijamin Nagih Nggak Pakai Antri!

3. Blueberry

Siapa sangka, salah satu jenis berry ini mengandung antioksidan, vitamin C, dan flavonoid. Kandungan ini bermanfaat untuk daya tahan dan mencegah penuaan otak akibat stres.

Blueberry juga kaya akan serat, magnesium, vitamin A dan E untuk menjaga agar tubuh tetap segar, pikiran lebih rileks, dan mengendalikan stress.

Buah ini juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, mencegah kolesterol, dan mengurangi peradangan. Hebat banget ya?

BACA JUGA: Jangan Takut! Berikut Panduan Praktis Jadi Vegetarian

4. Alpukat

Penggemar jus alpukat mana suaranya?

Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan potassium yang mampu menangkal stres serta memperbaiki mood.

Buah ini juga kaya beta karoten, asam folat, dan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 6 Inspirasi Setup Buah yang Nikmat & Menyegarkan

5. Asparagus

Asparagus mengandung asam folat tinggi yang dapat menjaga kesehatan mental dan menstabilkan mood.

Kandungan asam folat yang tinggi juga menghasilkan dopamin, yakni zat pada otak yang menghasilkan rasa senang.

BACA JUGA: Wajib Baca! 9 Makanan Ini Jaga Kesehatan Perempuan

6. Kacang Mede

Dibanding kacang lain, kacang mede paling bisa meredakan stres karena kandungan seng (zinc) yang tinggi.

Seng sangat diperlukan bagi tubuh. Kekurangan asupannya dapat menyebabkan kecemasan dan kecenderungan untuk lebih mudah stres.

BACA JUGA: Mau Kulit Tetap Sehat? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Konsumsi makanan-makanan tersebut secara teratur dengan porsi secukupnya agar kesehatan terjaga dan stress free!

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up