5 Menu Katering Untuk Piala Oscar, Semewah Apa Ya?

5 Menu Katering Untuk Piala Oscar, Semewah Apa Ya?
Piala Oscar dalam The Academy Awards. (Foto: BGR.com)

Bagi insan perfilman, The 90th Academy Awards adalah salah satu acara penghargaan bergengsi dan prestisius. Acara tahunan yang menganugerahkan piala Oscar ini mengundang banyak orang dari dunia film, mulai dari aktor, sutradara, produser, hingga penata musik ternama. Baik generasi tua atau muda, semuanya berkumpul selama empat jam untuk mendengarkan 13 nominasi yang dibacakan.

Setelah acara selesai, ternyata para tamu tak langsung pulang. Hadirin masuk ke dalam sebuah ballroom untuk menyantap sajian lezat. Mirip Indonesia, ternyata after party dari Academy Awards juga memakai sistem katering.

Wolfgang Puck adalah seorang celebrity chef yang menjadi penanggung jawab katering tahun ini. Lelaki yang sempat membintangi film The Smurf ini sudah 24 tahun menjadi langganan acara tersebut.

“Kami harus menyuguhi 1.500 tamu dalam satu waktu. Jadi semua harus bertindak cepat. Saya sendiri memakai 300 koki dan pastry chef dengan dua dapur,” sahut Puck.

Di tengah wawancara dengan Hello Magazine, Puck sempat menjelaskan beberapa hidangan untuk tamu. Kira-kira, semewah apa hidangan katering ini?

1. Chicken Pot Pie

Chicken Pot Pie. (Foto: marthastewart.com)

Menurut Puck, hampir semua tamu me-request chicken pot pie miliknya. Chicken pot pie merupakan sajian hangat yang mirip sup krim. Hanya saja, chicken pot pie memiliki tekstur lebih kental dengan porsi suwiran ayam, potongan wortel, kentang, dan kacang polong yang lebih banyak.

Saat disajikan, chicken pot pie dilapisi puff pastry seperti zuppa soup. Kulit pastry-nya dipanggang hingga kecokelatan dan disajikan selagi hangat. Nyam!

2. Macaroni and Cheese dengan Black Truffle

Mac’n Cheese dengan Parutan Black Truffle. (Foto: gordonramsayrestaurants.com)

Hidangan satu ini pasti sudah tak asing, ya. Mac’n cheese terbuat dari pasta macaroni yang dimasak dalam saus krim. Untuk menambah cita rasa, saus krim diberi beraneka keju seperti parmesan, cheddar, dan sebagainya.

Black truffle adalah sejenis jamur yang langka dan mahal harganya, yakni 40 juta rupiah per kilogram. Jamur ini berwarna hitam dan memiliki aroma kuat nan gurih. Biasanya, Puck mengiris atau memarut jamur truffle ke dalam mac n cheese. Tak disangka, masakan sejuta umat Amerika ini bisa naik kelas!

Baca juga: 

3. Braised Short Ribs

Short Ribs dan Mashed Potato. (Foto: foodandwine.com)

Sajian satu ini mirip semur khas Indonesia. Puck memakai short ribs, yakni salah satu bagian sapi yang empuk. Daging ini direndam dalam anggur murni (wine) dengan potongan wortel, seledri, dan bawang bombay selama beberapa jam. Hasilnya adalah cita rasa mewah dari anggur yang menyerap sempurna ke dalam daging.

Selanjutnya, daging dikeringkan dengan handuk lembut dan diberi sedikit tepung. Daging dimasak dalam wajan ala semur dengan potongan sayur dan tambahan anggur. Agar terasa gurih dan segar, Puck menambahkan air kaldu sapi dan pasta tomat.

Potongan daging ini biasa disajikan dengan mashed potato yang lembut dan hangat. Slurp!

4. Cocktail-Inspired Macaroon

Macaroon dengan Balutan Emas. (Foto: cordonbleu.edu)

Puck mengaku dirinya sangat menyukai macaroon. Kue ala Prancis ini memang tampil cantik dengan rasa manis yang pas.

Dalam acara tahun ini, Puck membuat kreasi macaroon dengan rasa cocktail seperti mojito dan champagne. Warna-warnanya pun mengundang mata, yakni hijau, merah, dan peach dengan taburan emas yang bisa dimakan. Wow!

5. Permen Cokelat Bentuk Piala

Cokelat Piala Oscar. (Foto: hmhdesigns.wordpress.com)

Tak ketinggalan, Puck juga menyajikan beragam kudapan cokelat seperti bonbon dan chocolate pop yang dibuat mirip lolipop. Sang koki memakai cokelat praline, hazelnut, dan tambahan rasa lainnya. Bahkan, para hadirin juga bisa menyantap cokelat bentu piala oscar yang dilapisi emas. Kalaupun tidak menang, kita bisa bawa pulang piala cokelat ya?

Puck mengaku tidak membuat konsep besar untuk hidangan kateringnya. “Semua orang yang datang kemari pasti lapar dan ingin menikmati sajian hangat yang nikmat”.

Ia percaya bahwa hadirin lebih menginginkan comfort food daripada sajian ala gourmet. Kalau kamu boleh datang ke after party Oscar, mana yang ingin kamu santap?

Suka? Vote Artikel Ini!

1 0
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up