5 Kasus Viral Makanan Indonesia yang Bikin Geleng Kepala

5 Kasus Viral Makanan Indonesia yang Bikin Geleng Kepala
Warung Pecel Lele Banjir. (Foto: britabrita.com)

Dunia maya punya beragam berita. Dari gosip terpanas hingga skandal pemerintahan semuanya ada. Tak terkecuali dunia kuliner Indonesia dan keberagamannya.

Kuliner ekstrem memang banyak tersebar di Indonesia. Makan olahan ulat hingga biawak sudah paten jadi budaya lokal. Begitu juga pertikaian Indonesia dan negara tetangga dalam merebutkan rendang. Semua sudah biasa.

Kali ini, Belanga membagikan beberapa cerita soal makanan Indonesia yang sukses bikin geleng kepala.

1. Satpol PP Aceh Utang Puluhan Juta di Warteg

Ilustrasi Warung Nasi. (Foto: Travelingyuk.com)

Seorang pemilik warung nasi di Aceh bernama Muhammad Yuki melaporkan oknum Satpol PP dan WH Pidie Jaya ke badan hukum. Pasalnya, para aparat memiliki utang sebesar Rp 60 juta selama dua tahun. Wow!

Yuki mengaku harus menutup kerugian yang cukup besar dengan berutang. Sayangnya, hal ini belum ditanggapi serius oleh pihak berwajib. Wah, warung nasi ini bisa terancam gulung tikar nih.

2. Jamie Oliver Salah Buat Gado-Gado

Kamu tahu Jamie Oliver, dong? Itu loh, chef asal Inggris yang terkenal dengan gaya hidup sehatnya. Akhir-akhir ini, dunia maya sempat digemparkan oleh video masak milik Oliver tahun 2014.

Chef ini membuat gado-gado versi sendiri dengan bahan-bahan dari daerah asalnya. Tapi cara pengolahan dan hasil akhir justru mirip karedok, nih.

Selain bahan-bahan yang tidak dimasak, ada beberapa netizen yang mengkritik cara pembuatan saus kacangnya yang diblender.

Coba tonton video di atas. Menurutmu itu gado-gado bukan?

Baca juga: Resep Ketoprak Jakarta, Jangan Tertukar Sama Gado-Gado!

3. Warung Pecel Lele Tetap Buka Saat Banjir

Warung Pecel Lele Banjir. (Foto: britabrita.com)

Saat banjir melanda, biasanya warga sibuk mengungsi atau bersiap-siap diri. Apalagi kalau mulai menggenang, rasanya enggan pergi  jauh dari rumah.

Namun, hal ini nggak berlaku untuk Ahmad Saiful Bahri alias Ipunk. Lelaki yang rumahnya ikut kebanjiran ini tidak menyangka aksi “makan pecel di tengah banjir”-nya viral. Menurut Ipunk, sebagian besar rumah makan yang tidak banjir dipenuhi pengunjung. Alhasil, dirinya memilih sebuah warung pecel di Jatinegara.

Cak Hendrik sang pemilik warung pecel heran saat Ipunk menyantap nasi pecel dengan lahap. Lelaki ini pun mengaku sudah biasa dengan banjir sejak 2006. Jadi, bahan dan peralatan masak sudah terjamin aman.

Di luar dugaan, warung pecel Cak Hendrik semakin ramai pasca kejadian itu. Wah rezeki nggak kemana ya, Pak?

Baca juga: 5 Kue Artis Paling Terkenal yang Terbukti Ciamik

4. Gara-Gara Marthabak Telur, Seorang Pria Diciduk Polisi

Martabak telur mini

Martabak telur (Foto: AnisaSN)

Facebook adalah media sosial yang ramai pengguna. Siapapun boleh posting, mulai dari sharing artikel, berjualan, hingga menulis status lucu.

Tapi kayaknya kamu harus hati-hati bikin status. Bisa-bisa dianggap hoax seperti status marthabak telor di Kota Mamuju, Sulawesi Barat. Pemilik akun Facebook Ancha Evus harus terjerat Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ancha Evus dianggap menyebarkan berita hoax tentang kasus mutilasi perempuan bernama Martha di Kota Mamuju.

Padahal, pemilik akun hanya menulis status berikut:

MAMUJU siaga 1

“Info dari polres MAMUJU, untuk masyarakat MAMUJU dan sekitarnya diharapkan waspada bila berjalan di malam hari. Tadi malam sekitar jam 00.30 WITA di daerah pasar lama MAMUJU telah ditemukan korban mutilasi bernama Martha. Dia ditemukan dengan kondisi fisik terpotong-potong menjadi 12 bagian. Korban ditemukan warga dengan kondisi terbungkus. Kabarnya sebelum dimutilasi korban dimasukkan ke dalam minyak panas.

 

TRAGISS

Polisi sedang menyelidiki identitas MARTHA secara lengkap. Menurut info dari warga setempat nama lengkap korban adalah MarthaBak Telor.

#slamat ya,, Wkkkwkkk… Hanya hiburan “

Baca juga: Begini Asal Usul Kue yang Jadi Rebutan Indonesia dan Malaysia

5. Video Bola Nasi Padang yang Memantul

Pertengehan 2017 lalu, sebuah akun Facebook mengunggah video kurang dari 2 menit berisi eksperimen bola nasi padang yang memantul. Diduga nasi padang ini mengandung karet atau plastik.

Rumah Makan Padang Mini Jaya tidak setuju dengan video tersebut. Pasalnya, beras yang dipakai bukan seperti beras pulen lainnya. Menurut kepala pelayan Ahmad Mauzi, beras Sentra Ramos dari Cianjur punya zat amilopektin yang tinggi. Konon, zat ini bisa membuat kepalan nasi yang mantap.

Cara memasaknya juga berpengaruh. Kalau kadar airnya pas, tekstur nasi tidak akan lembek dan mudah dikepalkan. Jadi, wajar saja kalau bisa memantul. Lain kali riset dulu kalau mau upload ya!

Duh, ada-ada saja ya. Selain berita di atas, kasus aneh apalagi yang pernah kamu dengar?

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up