Cafe Buku Rumahan Ini Cocok Banget Untuk Si Kutu Buku

The Reading Room Kemang
Sudut ter-pewe di The Reading Room (Foto: sonofmountmalang.com)

Dulu orang akan pergi ke warkop untuk minum kopi, atau perpustakaan untuk baca buku. Semakin berkembangnya zaman, dua konsep ini digabungkan jadi satu.

Si kutu buku boleh bergembira, nih. Waktu membacamu semakin nyaman dengan secangkir kopi atau kudapan nikmat. Banyak kafe dengan konsep pustaka di kota besar.

Selain membaca, pengunjung juga boleh berdiskusi atau mengerjakan sesuatu. Terutama dengan suasana homey, dijamin kamu akan betah berlama-lama di tempet berikut.

Kineruku – Bandung

Buku-buku di Kineruku

Buku-buku di Kineruku (Foto: najlazea.blogspot.co.id)

Tak bisa dipungkiri bahwa Bandung adalah kota yang kreatif. Dukungan pemerintah daerah turut mengembangkan industri dan sumber daya di Kota Kembang ini.

Salah satu rumah kreatif di Bandung adalah Kineruku. Berdiri sejak 2003,  kedai bernuansa rumahan ini menyimpan 4.000 judul buku dari beragam genre. Tak hanya itu, ada 100 CD musik dan 1.000 judul DVD film. Semuanya bisa dinikmati di tempat atau dipinjam untuk bawa pulang.

Beragam jenis buku fiksi dan nonfiksi bebas kamu pilih. Terkhusus penggemar sosiologi, filsafat, seni, budaya, dan arsitektur, jangan sungkan-sungkan untuk mampir ke sini!

Penggemar barang antik juga boleh bertandang. Kineruku memiliki sebuah garasi yang menjual barang antik bernama “Garasi Opa”. Mulai dari mesin tik, kamera jadul, hingga piringan hitam semuanya ada di sini.

Suasana di Kineruku

Suasana di Kineruku (Foto: Twitter/Kineruku)

Interior kedai ini juga terkesan antik dan santai. Kamu bisa memilih lokasi indoor (dalam ruangan), teras, atau bagian taman yang sejuk.

Bersantai tak lengkap tanpa ngemil atau ngopi. Untuk makanan, ada tahu goreng kremes, tempe mendoan, roti bakar, pisang goreng, nasi goreng, hingga nasi ayam. Sedangkan minumannya adalah café latte, cappuccino, espresso, affogato, teh poci, dan aneka jus.

Lokasi: Jl. Hegarmanah No. 52, Bandung
Jam Buka: Senin-Sabtu 10.00-20.00 (Selasa Tutup) | Minggu 11.00-18.00

Baca juga: Es Lilin Bandung, Favorit Semua Kalangan di Nusantara


The Reading Room – Jakarta

The Reading Room Kemang

Sudut ter-pewe di The Reading Room (Foto: sonofmountmalang.com)

Pecinta buku Jakarta pastinya kenal dengan kafe yang satu ini. Seperti namanya, The Reading Room ditujukan bagi pembaca buku yang butuh ketenangan dan suasana santai.

Kamu akan menemukan koleksi buku dalam rak-rak kayu di lantai pertama. Berbagai bidang seperti sastra, sejarah, sains, teknologi, dan novel adalah koleksi dari Richard Oh, pemilik kafe sekaligus sutradara Indonesia.

Lokasi paling nyaman ada di lantai dua dekat jendela besar. Kamu bisa menyenderkan diri di sofa nan empuk sambil mencari inspirasi.

Tak hanya buku , tempat ini juga menyediakan mini theater berkapasitas 20 orang. Siapapun boleh meminjamnya untuk pemutaran film atau acara-acara tertentu yang membutuhkan layar.

Deretan buku menantimu di The Reading Room

Deretan buku menantimu di The Reading Room (Foto: inoyjourneys.blogspot.com)

The Reading Room kerap disinggahi penulis dan sutradara ternama, seperti Ayu Utami, Eka Kurniawan, hingga Joko Anwar. Siapa tahu kamu beruntung ketemu mereka, kan?

Untuk makanan, pilihan menunya adalah western dan Indonesia. Seperti sop buntut, soto betawi, mie jawa, onion ring, kentang goreng, dan spaghetti oglio olio. Minumannya ada kopi, milkshake, teh dan jus yang menyegarkan.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 57 A, Jakarta Selatan
Jam Buka: Minggu - Rabu 10.00-24.00 | Kamis - Sabtu 10.00-02.00

Baca juga: Buat Kopi Ala Barista Kafe? Ikuti 5 Tips Berikut Ini


Dongeng Kopi & Indie Book Corner – Yogyakarta

Bar kopi di Dongeng Kopi Jogja

Bar kopi di Dongeng Kopi Jogja (Foto: travenita.wordpress.com)

Kota Pelajar selalu membuat siapapun ingin pulang ke rumah. Termasuk pecinta buku, kedai rumahan dengan konsep unik ini wajib dikunjungi.

Konsep Dongeng Kopi adalah “Make Your Own Coffee”. Pengunjung bisa belajar meracik kopi sendiri dengan didampingi langsung oleh para barista.

Ada beragam jenis kopi Indonesia yang ditawarkan, seperti Gayo, Kintamani, Mandailing, Toraja Sapan, dan banyak lagi. Metode seduhnya juga bisa disesuaikan dengan seleramu. Asyik banget, kan?

Pojokan buku di Dongeng Kopi

Pojokan buku di Dongeng Kopi (Foto:Twitter/Bernard Batubara)

Kedai ini berawal dari sebuah akun Twitter @dongengkopi yang gemar bercerita mengenai kopi. Para followers bisa saling cuit tentang tempat ngopi paling asyik di Yogyakarta, metode racik kopi, hingga tren-tren terbaru seputar minuman pahit tersebut.

Atas berbagai usulan, akun ini mengundang para followers untuk kopi darat. Dari sinilah tercipta ide untuk mendirikan kedai Dongeng Kopi pada 2014.

Tak hanya kopi, kamu juga bisa menikmati minuman tradisional seperti inang jamblang dan jahe gendis abrit.

Interior kedai ini begitu nyeni. Dindingnya berhias mural, kutipan menggelitik, dan tempelan kertas koran.  Furnitur kayu yang nyaman dan antik semakin membuatmu enggan beranjak dari sana.

Lokasi: Perum Soka Asri Permai Blok AB No. 3, Sleman, Yogyakarta.
Jam buka: Senin-Sabtu 07.00-19.00 | Minggu Tutup

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up