Logo Balanga

10 Ragam Nasi Goreng Yang Bikin Ngiler!

 10 Ragam Nasi Goreng Yang Bikin Ngiler!

Nasi goreng kunyit. (Foto: IG @aquilaelang)

Siapa yang tak kenal nasi goreng? Sajian yang satu ini sangat populer di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, nasi goreng juga populer di mancanegara. Dalam daftar World’s 50 Best Foods versi CNN, nasi goreng berada di urutan ke-2, sedang yang pertama ditempati oleh rendang.

(Baca juga: 15 Olahan Rendang yang Rasanya Nendang!)

Selain itu, nasi goreng juga menempati urutan ke-5 dalam daftar 40 Indonesian Foods We Can’t Live Without versi CNN.

Nasi goreng memang sangat lezat dan membuat siapa saja yang mencobanya ketagihan.

Konsep hidangan satu ini sederhana saja. Nasi diberi bumbu, biasanya agak pedas dan gurih, lalu digoreng dengan minyak.

Bumbu dasarnya hanya bawang merah, bawang putih, cabe, garam, dan merica. Bumbu yang sudah lumrah ada di dapur.

Biasanya untuk ragam rasa dan tampilan, nasi goreng diberi berbagai macam bahan tambahan seperti telur, irisan ayam, daging, seafood, dan sebagai pelengkap tidak lupa diberi acar serta kerupuk.

Mudah sekali untuk membuat nasi goreng yang sesuai dengan selera kita sendiri, maka tidak heran bila berbagai daerah di Indonesia memiliki nasi goreng khasnya tersendiri.

Bumbu dan bahan tambahan yang digunakan bergantung pada selera dan ciri khas masing-masing daerah.

Penasaran? Ini dia 10 ragam sajian nasi goreng dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Nasi Goreng Mawut

Nasi goreng mawut banyak ditemukan di daerah Jawa Timur. Mawut merupakan istilah Jawa yang artinya berantakan, berserakan atau campur-campur tidak karuan.

Nasi goreng ini disebut mawut karena mencampurkan aneka macam bahan.

Mulai dari mie basah, kol yang diiris halus, sawi hijau, tauge dan daun bawang yang diiris dengan bumbu, yaitu kecap manis, seledri, kaldu bubuk, cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi masak, dan garam.

2. Nasi Goreng Jakarta

Nasi goreng Jakarta menggunakan berbagai bahan tambahan, seperti daging sapi rebus, udang basah, cumi-cumi, dan ayam. Tidak lupa ditambahkan orak arik telur sehingga semakin menambah kelezatannya.

Pada bumbu yang digunakan, selain bumbu dasar nasi goreng pada umumnya, digunakan juga terasi dan ketumbar

3. Nasi Goreng Jeroan

Nasi goreng yang berasal dari Jepara ini memadukan aneka potongan jeroan, seperti babat, ampela, dan paru yang digoreng terlebih dahulu. Selain itu, ditambahkan pula suwiran dada ayam yang telah direbus.

Perpaduan jeroan, daging ayam, dan nasi terasa sungguh nikmat. Sebagai pelengkapnya, biasanya nasi ini disajikan bersama emping goreng.

Ciri khas dari nasi goreng jeroan ini adalah penyajiannya yang disandingkan bersama sate telur puyuh.

4. Nasi Goreng Palang Nelayan

Nasi goreng palang nelayan adalah nasi goreng khas Tuban.

Tidak diketahui secara pasti mengapa nasi goreng ini dinamakan demikian, mungkin karena adanya penambahan seafood, seperti ikan teri putih dan daging kepiting rebus pada nasi goreng ini.

Nasi goreng palang nelayan dilengkapi dengan mie goreng, irisan sawi hijau, daun bawang yang diiris halus, taburan bawang merah goreng, serta kerupuk bawang.

Penambahan terasi bakar sebagai bumbu membuat aroma nasi goreng ini sangat khas. Nasi goreng ini juga dilengkapi dengan telur.

Yang bikin unik dan beda dari nasi goreng lain, telur tidak diorak-arik bersama nasi dan bumbu, melainkan digoreng secara terpisah dengan cara didadar, kemudian digulung lalu diiris-iris, seperti penyajian telur pada nasi kuning.

5. Nasi Goreng Kunyit

Nasi goreng kunyit merupakan nasi goreng khas Sunda yang warnanya kuning menggoda. Seperti namanya, nasi ini dimasak dengan penambahan kunyit bubuk.

Tidak hanya itu, bumbu pada nasi goreng ini juga ditambahkan kencur sehingga cita rasanya semakin khas. Jika pada umumnya nasi goreng menggunakan kecap, nasi goreng kunyit tidak menggunakan kecap.

Nasi goreng ini dilengkapi dengan abon dalam penyajiannya.

6. Nasi Goreng Bumbu Bali

Nasi goreng ini dibumbui dengan bumbu khas Bali, seperti lada, pala, minyak wijen, jahe, kunyit, daun jeruk, gula aren, irisan daun bawang, cabai merah, dan cabai rawit.

Pasta tomat juga digunakan dalam membuat nasi goreng ini, sehingga warnanya terlihat merah cantik dan cita rasanya sedikit asam.

Uniknya, pada nasi goreng bumbu Bali, digunakan pula potongan wortel dan kacang panjang.

7. Nasi Goreng Aceh

Perbedaan nasi goreng Aceh dengan nasi goreng biasa terletak pada cara pengolahannya.

Untuk membuat nasi goreng Aceh, nasi putih dicampur dengan kecap terlebih dahulu, didiamkan sebentar agar kecap lebih meresap dan warnannya lebih merata, baru digoreng bersama bumbu khas nasi goreng.

Tidak lupa digunakan saus tiram untuk menambah cita rasa. Taburan kacang di atas nasi goreng Aceh semakin menambah kenikmatan nasi goreng ini.

8. Nasi Goreng Padang

Nasi goreng padang menggunakan bumbu dasar nasi goreng biasa, dan ditambahkan dengan bumbu rendang yang juara itu.

Yang bikin sedap dan mantap, ada pada tambahan suwiran daging rendang. Glek!

Untuk pelengkapnya, nasi goreng ini bisa dilengkapi dengan daun selada, irisan timun, irisan tomat, dan kerupuk seperti nasi goreng biasanya.

Mau lebih nikmat? Bisa ditambahkan dengan berbagai hidangan yang biasa ditemukan di rumah makan padang, seperti telur dadar dan perkedel.

9. Nasi Goreng Belacan

Belacan sebenarnya merupakan sebutan untuk terasi. Namun, masakan khas Bangka ini justru tidak menggunakan terasi, melainkan udang goreng.

Keunikan lain dari nasi goreng belacan selain adalah penggunaan kangkung sebagai salah satu bahannya.

Sebagai pelengkap, kuliner yang satu ini cocok dinikmati bersama kerupuk udang.

10. Nasi Goreng Cakalang

Seperti namanya, Masakan khas Manado ini memiliki ciri khas penambahan suwiran ikan cakalang. Bumbu nasi goreng cakalang adalah bawang putih, cabai, kecap asin, kecap manis, dan garam.

Nah, itu dia 10 ragam nasi goreng dari berbagai daerah di Indonesia. Nasi goreng apa yang bikin kamu ngiler sekarang?

Yang mana yang kamu ingin segera coba?

Editor: Ellen Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *